Kamis, 23 Maret 2017

USAHA JASA KONTER GREEN CELL

BAB 1
PEMASARAN JASA PADA USAHA JASA KONTER GREEN CELL 

Latar Belakang Usaha

Latar belakang usaha saya ini adalah zaman sekarang dunia teknologi semkain pesat berkembangnya sekarang sudah merajerela sampai di wilayah pedesaan tidak hanya di wilayah perkotaan, oleh karena itu bisnis ini sangat menguntungkan karena hampir semua manusia dimuka bumi ini memakai satu barang yang berbentuk kotak yaitu "HP" untuk berkomunikasi jarak jauh. penggunaan alat tersebut tidak luput dari pulsa serta tidak menutup kemungkinan sekarang HP sudah semakin canggih dengan aplikasi menggunakan internet untuk berkomunikasi jarak jauh, yang pasti tidak luput dari data/pulsa internet, karena handphone membutuhkan pulsa sebagai bahan bakar, agar dapat digunakan sebagai mana mestinya. meskipun bisnis ini sudah banyak bermunculan di setiap tempat, namun sasaran dari bisnis inipun telah berkembang. mulai dari masyarakat biasa hingga pelajar yang ntabennya pemakai aktif HP, karena sekarang budaya menggunakan HP sudah sangat kental dan apabila remaja tidak memkai HP maka bisa dibilang jadul, katrok atau apalah julukan bagi remaja yang tidak menggunakan HP. Oleh karena itu, prospek dari bisnis ini masih sangat besar dan bahkan akan terus berkembang dengan diimbangi teknologi yang semakin hari semakin membuktikan eksistensinya. 
Dengan adanya pemaparan seperti itu sehingga tidak ada alasan yang lain lagi untuk saya tidak mendirikan usaha ini, saya melihat potensi dari lingkungan saya hidup, saya hidup di desa yang jauh dari perkotaan, pesaingnyapun juga sedikit jadi tidak terlalu memikirkan akan pesaing, usaha konter ini berwal dari pemikiran saya yang beranggapan bahwa manusia jaman sekarang tidak ada yang tidak memiliki HP dijamin semuanya memiliki HP dan sudah merajarela sampai kepedesaan, dengan adanya HP tersebut akan memudahkan berkomunikasi jarak jauh itu yang bikin menariknya barang tersebut. saya mengamati daerah tempat tinggal saya bila akan membeli pulsa mapun data internet serta jika HP rusak itu sangat jauh sekali sehingga dengan adanya itu bisnis ini menguntungkan sekali karena pasti semua orang membutuhkan yang namnay pulsa ataupun data internet, dan perkembangan pengguna HP saat ini tidak memandang umur sekarang dar kecil hingga remajapun sudah mengenakan dan menggunakan HP tersebut untuk alat komunikasi jarak jauh, itu alasan saya mengenai usaha ini yang menurut saya bisa semakin berkembang dan saya menamai konter saya dengan "GREEN CELL" mengapa saya mengguankan nama tersebut karena saya ingin outletnya bernuansa alam atau serba hijau agar lebih fresh dan membuat nyaman konsumen jika bertransaksi, serta dari segi nama itu sangat mudah sekali diinagt oleh konsumen dari segala kalangan umur mualai anak - anak hingga dewasa, nama konter saya cukup mudah diingat dan diserap pemikirannya kalau udah ngomong green udah pasti ijo, terus apa hubungannya dengan konter tersebut jadi konsumen akan dibuat penasaran dan berniat akan berkunjung ke konter tersebut setlah konsumen berada di konter maka pelayanan yang sangat memuaskan akan disajikan agar konsumen bisa loyal dengan konter saya dan merekomendasikan ke orang - orang sekitarnya dengan begitu membantu adanya prmosi konter tersebut.
Untuk konter saya ini bila diklasifikasikan dalam jasa usaha maka masuk pada prioritas penawaran produk fisik disertai dengan satu atau bebrapa jasa lainnya untuk meningkatkan daya tarik pada konsumennya. maksudnya usaha konter tidak hanya menjual jasa namun juga menjual produk -produk lainnya yang masih berhubungan dengan alat komunikasi jarak jauh.
         Sedangkan untuk karakteristik dari usaha pada Inseparability umumnya pada aktivitas-aktivitas jika proses produksi dan konsumen terjadi secara bersamaan, dalam artian konsumen terlibat dalam produksinya implikasiannhya kontak dan interaksi menjadi sangat penting.

BAB 2
PEMASARAN RELATIONAL DALAM
PEMASARAN JASA
Usaha  : Konter "GREEN CELL”
Membuat Bentuk Relationship Markething 
Pemasaran relasional menekankan rekrutment dan pemeiliharaan (mempertahankan pelanggan melalui peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggannya. jadi, dalam pemasaran rasional penarikan pelanggan baru hanyalah sebuah langkah awal dari proses pemasaran (leonard Berry, 1983). selain itu mempertahankan pelanggan jauh lebih murah daripada mencari pelanggan baru. 
dalam bisnis jasa, fokus pelanggan menjadi pilihan tepat untuk menjalankan aktivitas pemasaran. pelayanan purna jual kepada kepada pelanggan adalah perwujudan terciptanya layanan konsumen. hal ini juga salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan. oleh karena itu, pemasaran relasional menjadi sangat signifikan dalam bisnis jasa. 
Tujuan utama pemasran relasioanl adalah menemukan nilai sepanjang hidup (LTV) dari pelanggan. setelah itu di dapat tujuan berikutnya adalah bagaimana LTV masing-masing kelompok pelanggan itu dpat terus diperbesar dari tahun ketahun. setalah itu bagaimana menggunakan laba yang didapat dari dua tujuan pertama tadi untuk menapatkan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah. dengan demikian, tujuan jangka panjangnya adalah mengahsilkan keuntungan terus - menerus dari dua kelompok pelanggan, yaitu pelanggan lama dan pelanggan baru. Pemasaran relasional itu sendiri menekankan pada pelanggan, jangka panjang, pelayanan pelanggan, komitmen pada pelanggan, kontak pada pelanggan, dan kualitas. 
Menurut saya, hubungan baik dengan pelanggan adalah aset utama bagi usaha saya, pelanggan adalah raja dan kami selalu menekankan kejujuran dan kefektifan waktu dalam pelayanan. 
Konter adalah tempat jualan pulsa asesoris dan ponsel, artinya semua unsur tersebut juga harus dipenuhi. penyediaan kartu perdana beserta voucher dari operator GSM maupun CDMA serta adanya service HPdengan berbagai merek handphone. 
Bentuk Relationship Marketing Usaha Saya Sebagai Berikut:
      a)      Eksternal (Hubungan Pelanggan / customer relationship)
                   Hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sangat penting dan harus dijaga agar ada rasa loyalitas pelanggan. untuk mewujudkan loyalitas pelanggan, perusahaan melakukan berbagai hal untuk menjaga kepuasan pelaggannya. adapun cara untuk menciptakan hubungan tersebut adalah sebagai berikut:
      1. Pelanggan harus diyakinkan dan merasa diperdulikan 
      2. Menghargakan berbagai produk/jasa secara wajar
3. Usahakan supaya pelanggan mengingat kita dan alamat usaha kita
      4. Jaga kebersihan dan kerapian toko dan gudang
      5. Penting bagi karyawan untuk menyediakan diri mereka
                  Adapun cara yang saya lakukan untuk menciptkan rasa loyalitas konsumen saya nantinya antara lain :
a. Memberikan pelayanan yang terbaik (karyawan yang tanggap, ramah, rapi, dan siap membantu pelanggan yang mempunyai kesulitan).
      b.  Transaksi yang cepat dan tepat.
      c. Menyediakan sistem pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan pulsa melalui sms sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. cara ini memudahkan konsumen dalam membeli pulsa jika tidak dimungkinkan untuk menemui pengusaha.  Namun cara pesanan ini hanya  berlaku bagi konsumen yang berlangganan dan sudah  diketahui identitasnya secara jelas. 
      d. Akan ada sistem kupon yang mana nantinya bila sudah mendapatkan 10 kupon maka   boleh memilih hadiah yang sudah disediakan seperti kartu perdana, asesoris HP dll, yang pasti hadiah harga tidak diragukan lagi sudah pasti mahal serta sangat memanjakan pelanggan, namun untuk mendapatkan kupon tersebut pelanggan harus membeli atau menggunakan layanan kami dengan harga minimal Rp. 50.000 dan juga Rp. 30.000 disesuaikan dengan harga maka hadia juga mengikuti harga.
                  Dengan adanya konter saya dengan konsep nuansa alam serba hijau dimaksudkan untuk bisa menarik pelanggan dan membuat nyaman pelanggan. suapay pelanggan bisa betah dan loyal dengan konter saya.
      a)      Internal ( Karyawan)
                  Bagi karyawan rewards and benefit dapat dapat meningkatkan motivasi dan kesejahteraan karyawan sehingga meningkatkan kepuasan dan kinerja karyawan secara keseluruhan. oleh karena itu cara ini memberikan nilai tambah bagi pengusaha untuk mencapai profit. karyawan sangat menentkan kelangsungan usaha saya karena karyawan yang melayani dan berhadapan dengan pelanggan bila pelayanan bagus maka pelanggan akan senang dan bisa loyal dengan konter saya serta bisa menambah panjang umur usaha saya, namun jika pelayanan jelek maka akan menghancurkan usaha saya ini secara cepat. dengan begitu karyawan akan saya berikan tambahan gaji lemburan jika ada lembur seperti bagian reparasi hp yang otomatis memerlukan aktu yng cukup lama maka lembur itu akan terjadi. setiap haru hari tertentu mengadakan keluar bareng hanya merefresh otak karena sistem kerja usaha saya ini satu minggu full, agar dalam bekerja karyawan bisa enjoy dan loyal terhadapa saya sehingga berpengaruh pada kinerjanya. 
Hal yang dilakukan untuk menjaga hubungan dengan karyawan yaitu:
1.        Komunikasi lancar dengan karyawan
2.        Memperhatikan karyawan
3.        Memenuhi hak keryawan
4.        Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan (menampung aspirasi karyawan)
b) Kemitraan dengan Pemasok (supplier partnerdhip)
Tidak ada satu perusahaanpun yang mampu menjalankan aktivitasnya tanpa keterlibatan para pemasoknya. adapun usaha saya untuk membangun kemitraan dengan pemasok yaitu:
1. Melakukan kerjasama dengan toko elektronik yang merupakan pemasok utama
2. Saat ada barang yang rusak, atau yang harus diganti, maka barang dibeli dari pemasok utama
3. Bila barang tidak tersedia baru mencari ke toko lain
                   Pemasok utama untuk pulsa adalah Permata pulsa karena agen pulsa termurah di Jombang dan yang pasti terpercaya. dan untuk yang lainnya bisa bekerjasama dengna toko elektronik yang sudah terkenal dengan kualitasnya yang terbaik di kota Jombang selalu menjalin hubungan baik dengan terus bekerjasama tanpa ada kecurangan dan selalu menekankan kejujuran, serta guna mencapai tujuan masing-masing. 
c) Kemitraan antar Perusahaan (Internal Partnership)
                   Untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan lain (toko ritel yang menjual pulsa), dan beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu tidak menurunkan harga lebih rndah dengan tujuan pelanggan perusahaan lain beralih pada perusahaan yang kita miliki, melakukan kerjasama seperti sharing tentang berbagai hala yang berkaitan dengan usaha, maksudnya disiini adalah bersaing secara sehat dan mengaggap perusahaan lain sebagai teman, bukan lawan. 
d) Bentuk lainnya, Hubungan dengan Masyarakat di Sekitanya, hubungan dengan lembaga keuangan bank ataupun non bank, dll
Dalam mendirikan perusahaan kita tidak lepas dari lingkungan terutama masyarakat sekitar, agar usaha berjalan dengan baik, maka hubungan dengan masyarakt harus baik pula. pendirian perusahaan tersebut jngan sampai menggangu kenyamanan masyarakat atau merugikan masyarakat adanya usaha kiat yang berkembang disekiar mereka. 
Adapun cara untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat yaitu:
1. Tidak memutar musik terlalu keras sehingga masyarakat merasa terganggu 
2. Memberikan sumbangan saat masyarakat mengadakan acara
Dalam mendirikan usaha konter ini sudah pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit meskipun tidak sampai ratusan juta namun tetap membutuhkan dana yang besar karena sekarang zaman yang semakin mahal apapun karena adanya MEA yang mengakibatkan apapun menjadi mahal, karena ini usaha yang massih baru akan didirikan dan modalpun tidak ada oleh karena itu saya bekerjasama dengan bank untuk masalah modal, cara menajag hubungan dengan bank yaitu membayar kredit dengan lancar. 

BAB 3
PERUMUSAN MANAJEMEN STRATEGI PERUSAHAAN JASA
Usaha :Konter “GREEN CELL”
Tingkatan atau Hirarki
1)      Menetapkan Visi dan Misi
Visi:  
-     Menuju Perusahaan yang dapat memberikan manfaat kepada manusia melalui teknologi komunikasi.
-  Penyedia 1 Chip All Operator dan Pusat teknis hp yang terpercaya dan selalu  mengedepankan kenyamanan yang adapat mencapai kepuasan pelanggan. 

Misi:
-  Memberikan pelayanan kepada konsumen Green cell secara mudah, murah, cepat dan        terpercaya sehingga mesyarajat dapat melakukan transaksi pembelian maupun pelayanan servis hp dengan memuaskan. 
-  Melahirkan enterpreneur-enterpreneur yang bergerak dalam komunikasi
2)      Melakukan Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal
Analisis menggunakan analisis SWOT, yang dimaksud analisis Swot adalah identifikasi beberapa faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan strength dan opportunities, namun secara bersamaan dapat meminimalkan weaknesses dan threats, streangth, weakness, opportunity dan threat merupakan faktor-faktor strategis perusahaan yang perlu di analisis dalam kondisi yang ada saat sekarang ini.
a)      Profil “Green Cell”
Green cell adalah salah satu usaha jasa dibidang teknologi, karena berhubungan dengan teknologi yang ada di desa Tanggungan Jombang. Green cell membuka jam kerja dari jam 07.00 – 22.00 WIB. Menggunakan karyawan yang ahli dalam reparasi hp serta karyawan bagian melayani penjualan pulsa dan produk – produk lainnya yang patinya sudah terjamin ramah karena menjadi karyawan di konter saya ini syaratnya harus murah senyum dan raman terhadap konsumen dengan berbagai macam kalangan, perbuatan maupun sifat yang berbeda beda. Tempat menurut saya cukup strategis karena belum ada pesaing, dekat dengan jalan raya yang ramai lalu lintasnya, berada di dekat perkampungan yang cukup padat penduduk. 
b)      Visi Green cell
      1) Menuju konter yang dapat memberikan manfaat kepada manusia melalui teknologi komunikasi
      2) Menyediakan 1 Chip All Operator dan pusat teknis hp yang terpercaya dan selalu mengedepankan kenyamanan yang dapat menciptakan kepuasan pelanggan.
c)      Misi Green cell
     1) Memberikan pelayanan kepada konsumen Green Cell secara mudah, murah, cepat dan terpercaya sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi pembelian maupun pelayanan service hp dengan memuaskan
      2) melahirkan Entrepreneur-enterpreneur yang bergerak dalam komunikasi
d)     Analisis SWOT
Faktor Internal:
1.   Strength (Kekuatan)
       a. Memiliki tujuan usaha
       b.Tersedianya berbagai macam pulsa baik jenis maupun merek penyedia layanan untuk jaringan telepon. 
       c. Tempatnya yang strategis 
       d. Ruangannya yang sejuk, berkipas angin
       e. Kemampuan karyawan dalam melayani konsumen
       f. Outlet yang unik bernuansa hutan karena serba hijau terkesan lebih unik dan nyaman 
       g. Harganya terjangkau dan relatif murah 
       h. Hasilnya memuaskan, transaksi yang cepat dan tepat serta bisa service segaka jenis HP dengan waktu yang lebih efektif dan efisien.
       i. Terima pesanan ppulsa namun bagi konsumen yang berlangganan dan sudah iketahui identitasnya secara jelas
       j. Ada hadiah untuk pelanggan yang loyal dengan sistem bagi kupon, bila mendapatkan 10 kupon maka dapat ditukar dengan hadiah yang menarik seperti asesoris hp dll. 
       k. Jam buka dari jam 07.00 am - 22.00 pm
       l. Memiliki SDM yang sudah ahli dalam bidang mengservice alat-alat elektronik khususnya pada handphone dan tidak diragukan lagi. 
2. Weaknes (Kelemahan)
a.       Kondisi jaringan yang kadang tidak menentu.
b.      Bisnis ini cukup mudah untuk di jalankan, sehingga mudahnya terciptanya pesaing
     Faktor Eksternal:
3. Opportunity (Peluang)
a. Berkembangnya tekologi komunikasi menjadikan pulsa menjadi kebutuhan mendasar untuk banyak orang.
b. Pemasarannya bisa dibilang sangat mudah karena saya hidup di lingkungan yang padat penduduk dan hampir semua masyarakat di sekitar tempat tinggal saya memiliki telepon genggam.
c.  Belum ada pesaing / pengusaha yang bergerak di bidang ini
d.   Menjadikan Peluang bisnis yang menjanjikan
4. Threats (Ancaman)
a.       Jaringan yang dapat memburuk sewaktu-waktu
b.      Karena usaha ini mudah didirikan, jumlah pesaing juga cukup ketat 
3)      Menetapkan Tujuan atau Sasaran
        Tujuannya untuk saya gunakan sebagai usaha sampingan yang masih dapat terus dikembangkan. Sasaran dalam penjualan adalah  seluruh masyarakat yang memiliki alat komunikasi / hp khususnya masyarakat di desa saya karena wilayah penjualan di sekitar tempat saya tinggal di pedesaan tanggungan jombang.
4)      Mengembangkan Strategi
-          Terus berinovasi dalam segi penjualan maupun pelayanan
-          Meningkatkan pelayanan yang memuaskan
-          Mematok harga yang kompetitif 
-          Bekerjasama dengan agen pulsa dengan harga yang miring
-          Bekerjasama dengan agen pulsa dengan pengiriman yang tercepat
-        Menunjang penjualan di konter dengan adanya asesoris asesoris yang sedang tren dan banyak digemari
-        Promosi dengan menggunakan Banner yang di pasang di atas toko dan dari mulut ke mulut
-         Outlet yang mendukung seperti unik, nyaman, strategis
-          Bersabar, tekut dan selalu berdoa kepada Allah SWT
BAB 4
SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING
Usaha     :Konter “GREEN CELL”
     Produk - produk yang dapat kami tawarkan adalah pulsa elektrik untuk konsumen pulsa, kartu perdana, donwload-tan lagu dan asesoris. sedangkan untuk jasa. kami janya menyediakan jasa download mp3, pulsa Electrik, macam-macam Voucher, macam - macam perdana dan reparasi HP. 
1.      SEGMENTASI
Bagi Pemasaran Konsumen, Variabel Segmentasi Utama Adalah Unsur:
-  Geografis, meliputi: wilayah Desa Tanggungan lingkungan masyarakat yakni, masyarakat sekitar, anak pulang sekolah, para pengendara yang melewati jalan desa Tanggungan.
-  Demografis, meliputi Usia -+ 10-63, jenis kelamin: laki-laki dan perempuan, ukuran keluarga dan siklus hidup keluarga: menyesuaikan, pendapatan dan pekerjaan: mempunyai pekerjaan tetap dan pendapatan: standart/ mencukupi pendidikan: sedang menempuh SD, SMP, SMS dan S1 (berstatus: Mahasiswa), agama, ras dan kebangsaan (umum). 
- Psikografik, meliputi: kelas social: umum gaya hidup: modern, karakteristik kepribadian dapat berubah. perilaku, meliputi: kelompok berdasarkan pengetahuan: konsumen yang memiliki pengetahuan akan produk dan layanan jasa pada konter Green Cell, sikap: jujur, penggunaan: kontinyu, respon konsumen: menerima dengan baik, kesetiaan dan pelayanan terhadap suatu jasa: loyatitas pelanggan yang merasa puas atas layanan yang dibrikan oleh konter Green Cell. 
Pasar Bisnis
    1) Demografi konsumen bisnis: industri yang tidak terkait oleh persyaratan yang lain (footloose industry), ukuran perusahaan masih berskala kecil karena masih baru. 
      2) Karakteristik operasi: operasi jasa jadi tidak berwujud sehingga mengacu pada pelayanan   dan di dalam pengoperasian jasa maka akan berkaitan erat dengan masalah antran karena suatu kegiatan mengantri akan muncul pada saat pelanggan suatu perusahaan atau organisasi menunggu untuk mendapatkan pelayanan, oleh karena itu keberadaan sistem antran sangat diperlukan yang berfungsi untuk melancarkan pelayanan pada pelanggan. 
3) Pendekatan pembelian
4) Faktor situasional 
5) Karakteristik pribadi 
2. TARGETING 
                  Dalam menentukan target konter Green Cell ini termasuk dalam pola product specialization of single segmen concentration yaitu perusahaan dapat memilih satu segmen saja. perusahaan lebih bisa mencapai posisi yang kat di satu segmen, dengan market specialization yaitu perusahaan berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dalam kelompok tertentu. dalam hal iini konter Green Cell menyediakan berbagai pelayanan dan penjualan dengan segmen masyarakat sekitar. 
      3. POSITIONING 
      Kriteria Positioning 
a. Kajian terhadap konsumen: memuaskan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan HP pelanggan dengan mengutamakan pelayanan yang ramah, cepat, harga ramah kantong, banyak pilihan pelaynan dan produk yang dijual. dengan kriteria tersebut maka konsumen memperoleh kebutuhan hp yang diinginkan, menghemat waktu dan tidak bosen dengan pilihan pelayanan yang ada.
      b. Kajian kapabilitas perusahaan: lokasi strategis, sumberdaya manusia yang berkompeten dan ahli dibidangnya.
      c. Kajian pada pesaing: pesaing untuk usaha saya ini bukannya belum ada, ada namun hanya menjual pulsa saja tidak menjual seperti yang saya lakukan atau tawarkan di konter saya, sehingga pemasaran lebih mudah karena permintaan banyak, green cell hadir dengan memnuhi kebutuhan masyarakat sekiatar akan kebutuhan alat komunikasi jarak jauhnya atau handphone, saya menawarkan penjualan pulsa elektrik, voucher fisik, asesoris, donwload lagu, dan reparasi hp, karena belum adanya pesaing yang kuat maka pelayanan yang diberikan akan dimix atau di atur sedemikian rupa sehingga menjadi pelayanan yang sangat memuaskan yang disajikan untuk para konsumen. 
Merek usaha saya adalah Green Cell
Jargonnya konter ijo
Saya bilang konter, semua masyarakat pasti sudah memahami apa saja yang dilayani di usaha konter jadi saya hanya ingin menanamkan kepada masyarakat ingatan akan konter saya, masalah produk atau pelayanan itu bisa terkendalikan jika merek usaha kita sudah dikenal masyarakat secara luas sehingga loyalitas itu akan tercipta dengan tersendirinya, jadi disitu green cell memberikan pelayanan yang prima dari jenis pelayanan yang disajikan.
BAB 5
STRATEGI PRODUK JASA
Usaha    :Konter “GREEN CELL”
Kualitas Produk (Product Quality) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya meliputi, daya tahan keandalan, ketepatan kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. Untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan dapat menerapkan program ”Total Quality Manajemen (TQM)". Selain mengurangi kerusakan produk, tujuan pokok kualitas total adalah untuk meningkatkan nilai pelanggan. Adapun dimensi kualitas produk menurut Kotler & Armstrong (2001: 348) adalah sebagai berikut:
       a)      Produk Inti (Core Product)
Produk inti terdiri dari manfaat inti untuk pemecahan masalah yang dicari konsumen ketika mereka membeli produk atau jasa. Manfaat inti dari pulsa adalah sebagai alat untuk bisa komunikasi kembali atau makanan pokok telepon seluler ya pulsa. Kelebihan penggunaan pulsa adalah sudah jelas dapat membantu untuk berkomunikasi kembali. Produk inti memberikan manfaat yang utama bagi konsumen. Produk inti merupakan hal yang paling utama dicari oleh konsumen dalam melakukan pembelian terhadap suatu produk. Kualitas produk inti sangat penting dalam menarik konsumen untuk melakukan pembelian, karena alasan utama seorang melakukan pembelian berdasarkan pada produk inti dari suatu produk. Fungsi produk inti memberikan gambaran utama dari kegunaan produk tersebut. Sehingga konsumen akan sangat mempertimbangkan produk inti dalam setiap penggunaannya.
       b)      Produk Aktual (Actual Product)
Seorang perencana produk harus menciptakan produk aktual (actual product) disekitar produk inti. Karakteristik dari produk aktual diantaranya, tingkat kualitas, nama merek, kemasan yang dikombinasikan dengan cermat untuk menyampaikan manfaat inti. Produk aktual bagi seorang konsumen merupakan pertimbangan kedua dalam melakukan keputusan pembelian. Produk aktual sangat penting dalam sebuah pemasaran. Produk aktual merupakan produk pendamping, yang mana apabila produk aktual ini tidak ada pada sebuah produk maka daya tarik konsumen pada produk tersebut akan berkurang. Adanya produk aktual ini memberikan banyak ragam hal yang mampu dijadikan pertimbangan oleh konsumen, artinya produk aktual merupakan hal yang menjadi daya tarik konsumen selain produk inti. Produk aktualnya adalah penjualan telepon seluler serta reparasi telepon seluler.
      c)       Produk Tambahan (Augmented Product)
Produk tambahan merupakan produk yang ditawarkan oleh produsen di luar dari produk inti yang ada. Pemberian produkproduk tambahan ini akan sangat bermanfaat bagi konsumen penggunanya, karena selain memanfaat produk inti yang ada pada suatu produk adanya produk tambahan ini akan menjadi variasi pilihan konsumen dalam menentukan pembelian. Sehingga dengan adanya ragam produk tambahan ini akan semakin memberikan daya tarik pada konsumen. Suatu produk yang mempunyai nilai tambah akan menjadi daya tarik bagi para konsumen untuk memberi harga yang lebih dari suatu produk. Produk tambahan yang salah pilih ini adalah masuk pada Convinience Goods. Convinience goods merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi  pembelian  tinggi (sering  beli),  dibutuhkan  dalam  waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya.Sehingga adanya produk tambahan akan membuat suatu produk menjadi lebih bermutu dan berkualitas. Jadi produk tambahannya adalah kartu perdana paket internet. 
BAB 6
STRATEGI DISTRIBUSI JASA
Saluran Distribusi 
Cara yang saya lakukan dalam usaha saya ini, yakni penjualan ulang, saya membeli pulsa/saldo di suatu konter besar di Jombang yang bernama Permata Puls dan saya menjuala kembali saldo tersebut dalam bentuk pulsa secara langsung ke konsumen dan juag melalui teman saya atau partner yang sudah bekerjasama untuk pulsa tersebut dan usaha saya juga menjual saldo untuk teman - teman yang baru ingin membuat usaha pelayanan pulsa. 
sedangkan untuk memjual hp saya menggunakan Saluran Pemasaran tidak langsung adalah saluran pemasaran yang terdiri dari satu tingkat perantara atau lebih. Dari usaha jasa saya memilih
1.    SALURAN SATU TINGKAT (one level channel)
Terdapat satu perantara pemasaran diantara produsen dan konsumen
Pedagang (merchant) : perantara pemasaran yang menjadi pemilik produk kemudian menjualnya kembali kepada konsumen. Produk dibeli dengan harga grosir kemudian dijual kepada konsumen.
Agen : perantara pemasaran tanpa menjadi pemilik produk tersebut.
Untuk distributor asesoris HP saya menggandeng cahaya cell karena harga yang ditawarkan menarik dan bisa dijangkau seperti pemula saya. 

BAB 7 
STRATEGI PENETAPAN HARGA 
Usaha    :Konter“GREEN CELL”
Harga Adalah sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh produk dan jasa.
Tahapan Penetapan Harga:
1)                  Menentukan tujuan penetapan harga
2)                  Menentukan permintaan
3)                  Memperkirakan biaya
4)                  Menganalisis biaya, harga dan penawaran pesaing
5)                  Memilih metode penetapan harga
6)                  Menentukan harga produk
Tujuan Penetapan Harga:
1.         Survival
2.         Profit Maximization
3.         Sales Maximization
4.         Prestige
5.         ROI
                      Metode Penetapan Harga:
1.    Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan, ada 7 :
§          Skimming Pricing
§          Penetration  Pricing
§          Prestige Pricing
§          Price Lining Pricing
§          Odd-even Pricing
§          Demand –Backward Pricing
§          Bundle Pricing

2.   Metode Penetapan Harga  Berbasis Biaya
  1. Standard Markup Pricing
  2. Cost Plus Percentage of Cost Pricing
  3. Cost Plus Fixed Fee Pricing
  4. Experience Curve Pricing. 
3. Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
4. Metode Penetapan Harga Berbasis Persaingan
Usaha    :Konter“GREEN CELL”
kita akan membahas mengenai usaha jasa bila ditinjau dari praktik penetapan harga yang dilakukan oleh usaha jasa konter. jasa yang ditawaran yaitu: 
1. pengisian pulsa
2. reparasi HP
3. pembelian produk kartu perdana
4. pembelian produk kartu paket internet
5. pembelian assesoris HP
TAHAP PENENTUAN HARGA
Owner menghitung harga yang akan dikeluarkan, serta fasilitas - fasilitas tambahan apa saja yang akan diberikan kepembeli dengan harga tersebut. 
- Jenis - jenis Harga Jasa Yang Ditawarkan 
1. konter Green ini memiliki beberapa jenis jasa yang ditawakan seperti yang tertera diatas, setiap item memiliki perbedaan terlihat jelas pada nama setiap itemnya, maka semakin banyak atau lama aktunya menggunakan jasanya dari konter green cell ini maka semakin mahal harganya seperti reparasi HP yang sudah pastinya menggunakan waktu yang tidak hanya satu hari, dibandingkan dengan item yang lainnya. 
2. tingkat harga ditentukan oleh seberapa besar menggunakan jasa atau layanan dari konter green cell ini, semakin banyak atau semkain sulit pelayananya maka harga semakin tinggi
3. penentuan harga jual jasa pada konter green cell
    Faktor Internal
    a. berdasarkan jenis pelayanan 
    b. berdasarkan waktu 
    c. biaya produksi konter seperti konter selalu ready agar nyaman serta alat - alat yang diguankan             untuk operasional jasa konter green cell, kemudian fasilitas tambahan seperti, ruangan seger ada         kipas angin, ada tempat minum, ada wifi, ada tempat duduk yang nyaman. 
    Faktor Eksternal
    a. Pesaing: pesaing dari konter green cell ini adalah toko ritel penjual pulsa 
    b. Waktu
4. HARGA PUBLISH
PROVIDER
KARTU PERDANA
PCS
BOX
KETERANGAN
Telkomsel
Perdana Simpati 2rb
1,700
1 box isi 100 pcs
Perdana Simpati 5rb
4,850
1 box isi 100 pcs
Perdana AS
1,700
1 box isi 100 pcs
Perdana Simpati Flash
49,500
1 box isi 100 pcs
Indosat
Perdana Indosat Karin
1,300
1 box isi 100 pcs
Perdana Indosat Im3
1,500
1 box isi 100 pcs
Perdana Indosat Internet (IIN)
15,850
-
Resseler 15,500
Perdana Indosat Mentari Whatt’s Up
3,900
1 box isi 50 pcs
Perdana Indosat Super Gadget
10,500
-
Resseler 10,200
XL
Perdana XL Internet
40,000
-
Reseller 37,000
Perdana XL BB
70,000
-
Reseller 67,000
Perdana XL Ku
1,850
1 box isi 50 pcs
Perdana XL Bebas
3,350
1 box isi 50 pcs
Smartfren
Perdana Smartfren
4,400
1 box isi 40 pcs
Voucher Isi Ulang Smartfren 50,000
48,900
-
Voucher Fisik
Voucher Isi Ulang Smartfren 100,000
98,800
-
Voucher Fisik
Axis
Perdana Axis
1,350
1 box isi 50 pcs
Perdana Axis Pro
42,200
1 box isi 35 pcs
Perdana Axis Gaul
4,700
-
Resseler 4,000
Esia
Perdana Esia
6,400
1 box isi 25 pcs
Telkom
Perdana Flexi
3,900
1 box isi 25 pcs
THREE
Perdana KPK kosong
1,000
-
Kartu perdana belum aktivasi.
*Aktivasi Jagoan Internet
1900
-
JANET
*Aktivasi Nomor Cantik
8,300
-
NOCAN
*Aktivasi Data 1 Gb
40,200
-
1GB
*Aktivasi Data 2 Gb
60,200
-
2GB
*Aktivasi AON1
8,200
-
AON1
*Aktivasi AON6
28,200
-
AON6
*Aktivasi AON12
40,200
-
AON12
*Aktivasi BB Social 6 Bulan
120,200
-
Paket BB 6 Bulan
Isi Ulang Three 100 SMS
3,400
-
Voucher fisik
Voucher Isi Ulang Three 1,000
1,400
-
Voucher fisik
Voucher Isi Ulang Three 5,000
5,00
-
Voucher fisik
Voucher Isi Ulang Three 10,000
10,000
-
Voucher fisik
System aktivasi perdana Three secara detail cara dan jenis paket paket nya, dapat dilih


Nama Paket
Tipe
Keterangan
Kode
Nominal
Harga
Janet
(Jagoan Internet)
Telpon
Ke Sesama Three:
JANET
3000
2400
- Gratis 30 detik pkl. 00.00 – 16.59, kemudian Rp. 15/menit.
- Gratis 30 detik pkl. 17.00 – 23.59, kemudian Rp. 15/5 detik selama 5 menit, lalu Rp. 15/menit
Ke Operator Lain: Rp. 199/30 detik
SMS
Kirim 1 SMS Rp. 399, langsung gratis seharian ke semua op.
Data
- Setelah isi ulang minimum Rp. 10rb, Rp. 399 dapat 5 MB. Setelahnya Rp. 30/10 Kb jika paket kuota habis.
Nocan
(Nomor Cantik)
Telpon
Ke Sesama Three:
NOCAN
20000
16000
- Rp. 60/nelpon pkl 01.00 – 13.00.
- Rp. 150/menit pkl 13.00 – 01.00
Ke Operator Lain: Rp. 400/menit
SMS
Kirim 1 SMS Rp. 1000, gratis setahun pkl. 00.00 – 17.59. Setelah itu cukup bayar sekali Rp. 399 lalu gratis sampe keesokan harinya.
Data
- Internet Gratis selama 5 hari (20mb/hari).

- Rp. 399 dapat gratis 5 mb. Setelahnya Rp. 30/10 kb jika paket kuota habis.
1Giga
(Internet 1 Gb)
Telpon
Ke Sesama Three: Rp. 75/menit
GB1
50000
40000
Ke Operator Lain:
- Rp. 399/menit (local).
- Rp. 1000/menit (interlokal).
SMS
Kirim 1 SMS Rp. 399, langsung gratis seharian ke semua operator.
Data
- Quota 1 GB selamat 30 hari.
- Apabila Quota habis selama masa aktif berlaku, kecepatan maksimum menjadi 64 Kbps.
- Rp. 30/10 Kb setelah masa aktif paket quota habis.
2Giga
(Internet 2 Gb)
Telpon
Ke Sesama Three: Rp. 75/menit
GB2
75000
60000
Ke Operator Lain:
- Rp. 399/menit (local).
- Rp. 1000/menit (interlokal).
SMS
Kirim 1 SMS Rp. 399, langsung gratis seharian ke semua operator.
Data
- Quota 2 GB selamat 30 hari.
- Apabila Quota habis selama masa aktif berlaku, kecepatan maksimum menjadi 64 Kbps.
- Rp. 30/10 Kb setelah masa aktif paket quota habis.
AON1
(Always On 1 bln)
Masa
1 Bulan
AON1
10000
8000
Quota
50Mb perbulan
Free
Gratis akses ke 10 website meskipun quota telah habis:
Facebook, Google, Detik, Kaskus, Klik BCA, Kompas, Toko Bagus, Vivanews, Okezone, Chatting (Facebook Messanger, Yahoo Messanger, AOL, ICQ, GTalk, MSN)
AON6
(Always On 6 bln)
Masa
6 Bulan
AON6
35000
28000
Quota
50MB perbulan, total 300MB.
Free
Gratis akses ke 10 website meskipun quota telah habis:
Facebook, Google, Detik, Kaskus, Klik BCA, Kompas, Toko Bagus, Vivanews, Okezone, Chatting (Facebook Messanger, Yahoo Messanger, AOL, ICQ, GTalk, MSN)
AON12
(Always On 12 bln)
Masa
1 Bulan
AON12
50000
40000
Quota
50Mb perbulan, 600MB total
Free
Gratis akses ke 10 website meskipun quota telah habis:
Facebook, Google, Detik, Kaskus, Klik BCA, Kompas, Toko Bagus, Vivanews, Okezone, Chatting (Facebook Messanger, Yahoo Messanger, AOL, ICQ, GTalk, MSN)
Paket BB 6 Bulan
Masa
6 Bulan
-
-
125000
Service
Full service (Tdk termasuk Video/musik Streaming)
Social Network (Facebook, Twitter & Myspace dengan aplikasi standar RIM)
BlackBerry Messenger
1 E-mail Account (User@tri.blackberry.com)


























































































harga pulsa Elektrik All Operator:
1. 5rb dijual Rp. 7000
2. 10rb dijual Rp 12.000
3. 20rb dijual Rp. 22.000
4. 25rb dijual Rp. 27.000
5. 50rb dijual Rp. 52,000
6. 1000rb dijual Rp. 102.000
penjual tidak dengan serta merta menaikkan harga jual karena usah ini merupakan usaha yang sudah ada dimana - mana yang harganya semuanya hampir sama karena sudah ketentuan dari pusat sehingga penetpan harga bisa sesuai dengan pusat dan bisa buat harga sendiri namun dengan nilai yang rendah karena adanya faktor yang ada. 
BAB 8
STRATEGI PROMOSI JASA 
Usaha :Konter “GREEN CELL”
 Strategi Promosi yang saya gunakan untuk usaha jasa saya ini adalah ada dua strategi yaitu:
 1. Hubungan masyarakat (public relation)
      Membangun hubungan baik dengan publik terkait untuk memperoleh dukungan, membangun "citra perusahaan" yang baik dan menangani atau menyingkirkan gosip, cerita dan peristiwa yang dapat merugikan. Kenapa saya menggunakan strategi ini, karena saya melihat dari target pasar saya ini yang utama adalah masyarakat desa sekitar saya jualan, dengan melihat target tersebut yaitu dari orang desa maka saya menggunakan strategi ini karena saya berfikiran orang desa sangat sensitif akan hal hal baru dan selalu menjadikan hal baru tersebut menjadi bahan utama dalam pembicaraan orang-orang desa, bukannya saya su’udzon dengan masyarakat desa sekitar saya jualan nanti namun memang kenyataan dalam dunia nyata memang seperti itu kalau orang desa sudah terbiasa akan kebiasaan tersebut. Oleh karena itu strategi awal yang saya gunakan yaitu membangun citra perusahaan saya terlebih dahulu, dengan citra saya perusahaan yang baik dan sudah memiliki nama atau memiliki kepercayaan dimasyarakat maka akan dengan mudah memasarkan produk saya serta menjaga kelangsungan usaha saya di sekitar desa saya, oleh karena itu saya menggunakan cara dengan public relation atau hubungan masyarakat. Peran public relation sangatlah vital, sedikit kesalahan yang dilakukan akan menimbulkan salah persepsi dari publik. Dalam usaha saya ini praktisi public relation difokuskan dalam membangun citra perusahaan di mata publik hal ini berhubungan dengan adanya fungsi kehumasan public relation perusahaan saya dalam membangun citra perusahaan.
      Dalam membangun citra perusahaan strategi yang saya gunakan adalah:
 Melakukan kerjasama dan membangun hubungan baik dengan masyarakat atau perangkat desa ataupun dengan organisasi karang taruna di desa saya, perusahaan saya akan dengan senang hati memberikan bantuan dari segi materi atau sebagai sponsor suatu kegiatan di desa maupun bantuan tenaga serta dengan senang hati membantu memberikan konsumsi untuk suatu kegiatan apapun dari kecil maupun kegiatan besar, karena saya menonjolkan akan adanya tali silahturahmi akan umat islam serta mempererat tali persaudaraan antar dengan masyarakat desa. Selalu siap membantu kapanpun diperlukan. Menggunakan pegawai dari masyarakat sekitar juga dan menjalin hubungan yang baik dengan pihak internal agar bisa membantu dalam promosi perusahaan, dengan caranya sendiri (pegawai) dalam mempromosikan usaha saya ini. Menggunakan spanduk dan banner dalam promosi ini namun dengan informasi yang tertera sesua dengan kenyataan dalam pelayanan yang saya berikan tidak dibuat buat hanya sekedar untuk memikat pelanggan dengan begitu akan sangat membantu membangun citra merek dengan berkata jujur dalam tulisan yang tertera di baneer maupun spanduk yang terpasang di sekitar konter saya.
2. Pemasaran langsung (direct marketing)
Komunikasi langsung dengan pelanggan yang diincar secara khusus untuk memperoleh tanggapan langsung. Dengan melihat target pasar saya sehingga langakah selanjutanya yaitu pemasaran langsung, setiap satu minggu sekali melakukan keliling desa desa untuk menawarkan produknya ataupun buat sistem konter keliling menurut saya ini menarik dan bisa menjadi ajang promosi yang menyenangkan kita memberikan servis full kepada masyarakat dari mulai service HP hingga pelayanan yang lainnya. sama seperti yang dilakukan di konter pelayanan yang disajikan. Memberikan informasi yang akurat akan produk jasa maupun tidak jasa yang ditawarkan serta yang dapat membuat konsumen percaya, menerima saran maupun kritikan yang dengan kata lain selalu mendengarkan ungkapan dari para pelanggan dengan senang hati. Dengan ini bisa memberikan nilai plus untuk citra perusahaan ehingga masyarakat bisa tahu yang duunya tidak tahu sekarang menjadi tahu tidak lupa juga saya juga menggunakan brosur yang saya bagikan kemasyarakat namun saya tidak menyebarkannya setiap ada konsumen yang butuh pelayanan kami saya baru mengasikan brosur tersebut sebagai tanda terimakasi akan tetapi tidak terus terusan hanya sampai citra perusahaan terbangun dengan kokoh. Memberikan brosur yang menarik sehingga masyarakat tertarik serta tidak segan segan menjelaskan brosur tersebut ke masyarakat dengan baik dan akurat informasinya sesuai dengan kenyatan. Tidak sungkan ikut bergabung dalam perkumpulan orang – orang yang sedang santai untuk sekedar menyapa dan akan mengambil celah disitu dalam promosi usaha saya, dengan bergitu kita tahu atau bisa mengukur seberapa kuat citra merek perusahaan serta sudah sampai mana citra itu dibangun atau terbangun di benak masyarakat. Tidak melakukan hal hal yang bisa menyinggung masyarakat seperti menyalakan musik yang terlau kencang disaat berjualan karena akan mengganggu kenyamana masyarakat, kenapa saya memakai musik karena agar terlihat tidak sepi dan masyarkat atau pelanggan lainnya bisa melihat akan ada usaha yang berdiri disitu.
 BAB 9
STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
 (SUMBER DAYA INSANI)
Usaha :Konter “GREEN CELL”
Manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah manajemen terhadap orang-orang yang terlibat langsung dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan dan merupakan faktor yang memegang peran penting bagi semua organisasi. Bisa dikatakan sukses tidaknya perusahaan tergantung dengan manajmen SDMnya yang baik. Berikut ini langkah – langkah dalam strategi manajmen SDM yang baik yaitu sebagai berikut:
  1. Penetapan Stuktur Organisasi pada Konter Green Cell
Green Cell ini masih termasuk dalam usaha kecil jadi stuktur organisasinya juga sederhana seperti berikut ini:
Zenda Putri
Pemilik / Pengelola
Bagian Produksi                                                                                               Bagian Keuangan

 Karyawan                                                                                           1.      Zenda Putri
                                                                                                            2.      Tyo Akbar 
       1.      Tono Setiawan                                                                                                                        
       2.      Sulis Setyowati

       2.      Berikut ini Job Discription dari setiap bagian dalam Struktur Organisasi
·         Pemilik
Memberikan modal saham pada bisnis usaha, menetapkan target dari setiap penjualan, mengawasi proses produksi atau proses pelayanan yang dilakukan oleh karyawan.
·         Keuangan
Bertanggung jawab atas segala aktifitas keuangan, seperti melakukan pengaturan transaksi, membuat laporan keuangan, sebagai pengambil keputusan penting dalam hal untuk stok produk dan semuanya yang berhubungan dengan perusahaan serta berbagai pembiayaan yang dibutuhkan akan keputusan tersebut.
·         Produksi
Bertanggung jawab dalam proses pelayanan yang ditawarkan melayani service hp maupun melayani penjualan pulsa maupun produk lainnya seperti kartu perdana pektan, asesoris dll.

  1. Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian
·         Pemilik
-          Memiliki jiwa pemimpin
-          Berani mengambil keputusan
-          Memiliki modal dan berani mencari modal
-          Memiliki jiwa enterpreneur
-          Pintar dalam mencari peluang dan celah
-          Jujur
·         Keuangan
-  Pintar mengatur, mengontrol, merencanakan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan
-          Berani mengambil keputusan
-          Cekatan
-          Lulusan S1 maupun SMA/SMK
-          Jujur
·         Produksi
-          Sopan Santun, ramah, jujur
-          Lulusan S1, SMK/SMA
-          Bertanggung jawab atas pekerjaannya
-          Mematuhi peraturan yang disediakan
-          Melayani dengan sepenuh hati
-          Melaksanakan apa yang diperintahkan
-          Cekatan
-          Berpakaian yang sopan
-          Mementingkan kepentingan pelanggan diatas kepentingan pribadi
  1. Penetapan program pengembangan SDM yang ada
Pengembangannya dengan melakukan kunjungan keberbagai tempat usaha yang sama dengan usaha saya, melihat bagaimana dalam bekerjanya dan seperti apa produk yang ditawarkan serta bagaimana melihat konsumen yang melakukan transaksi. Selalu memberikan stimilus atau motivasi dalam bekerja biar bekerja bisa santai namun serius tidak tegang, dengan memberikan bonus bulanan sesuai dengan profit yang dicapai bila profit naik maka bonus akan diberikan dengan cuma – cuma, memberikan fasilitas kepada SDM pada perusahaan saya seperti wifi, tv, kipas angin, kamar mandi, air minum dalam kemasan galon. Memberikan jatah libur sesuai dengan kesepakatan bersama. Pemilik harus selalu ramah dan juga sopan sama bawahan agar bawahan loyal dengan perusahaan, dan selalu mengusahakan menghindari yang namanya bekerja dengan tegang.
 BAB 10 
STRATEGI PROSES
Usaha :Konter “GREEN CELL”
Strategi proses atau strategi transformasi adalah sebuah pendekatan organisasi untuk mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa. Tujuanya adalah menemukan suatu cara memproduksi barang da jasa yang memenuhi persyaratan dari pelanggan dan spesifikasi produk yang ada dalam batasan biaya dan batasan manajerial lainnya. Proses yang dipilih akan berdampak jangka panjang terhadap efisiensi dan produksi, serta fleksibilitas, biaya, dan kualitas barang yang diproduksi. Strategi proses ada 7 dalam bidang jasa yaitu:
     1)      Pemisahan: Pelayanan terpisah sehingga pelanggan harus menuju kepada tempat di mana jasa itu ditawarkan
     2)      Self Service: Banyak digunakan untuk Supermarket
     3)      Fokus: Membatasi jasa yang ditawarkan kepada pelanggan   
     4)      Modul: Jasa yang ditawarkan dalam bentuk paket
     5)      Automatisasi: Pelayanana terpisah yang menyadarkan diri sediri dengan berbagai kemudahan
     6)      Penjadwalan: Ketepatan di dalam penjadwalan baik berkaitan dengan waktu dan tempat
     7)      Training: Suatu klarifikasi dan pemecahan masalah
Dari strategis proses yang cocok untuk usaha jasa saya adalah strategi proses “Pemisahan” karena usaha jasa saya ini bergerak dalam bidang teknologi karena berhubungan dengan alat komunikasi yaitu konter pulsa dan reparasi hp serta penjualan produk pendukung lainnya. Usaha jasa saya ini berada pada outlet yang mana mengharuskan pelanggan untuk datang langsung ke tampat usaha saya ini, karena usaha saya harus datang langsung dalam merasakan pelayanannya meskipun saya menggunakan via by phone namun itu hanya untuk orang – orang tertentu saja tidak semua pelanggan jadi diharuskan untuk datang langsung ketempat usaha saya. Tidak mungkin juga mau memperbaiki hp namun tidak ikut serta orangnya dalam melakukan transaksi tersebut karena mungkin saja hpnya dalam proses perbaikan membutuhkan sesuatu yang penting sehingga membutuhkan usernya untuk ada dalam proses atau konsultasi akan kerusakan hp tersebut.
Jadi untuk strategi proses usaha saya menggunakan pemisahan karena semua dilayani bila datang langsung ke konter tersbut. 
                                                              BAB 11
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)
Usaha :Konter “GREEN CELL”
Lingkungan fisik (physical enviroment) adalah keadaan atau kondisi yang didalamnya juga termasuk usasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, suaca, peletakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Dalam strategi lingkungan fisik saya menerapkan konsep santai profesional. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana lingkungan kerjanya. Saya harus memahami terlebih dahulu sebelum menerapkan konsep ini, konter pulsa merupakan lingkungan kerja yang santai dan tidak ada suatu kondisi yang khusus. Konter pulsa ini sistem kerjanya santai akan tetapi tetap profesional santainya dalam artian tetap mengikuti aturan yang ada, karena kerja seperti ini tidak boleh jenuh karena itu akan mengubah mood dari karyawan sehingga akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup perusahaan. hal ini harus dipehitungkan sebagai aspek kerja santai profesional yang akan saya terapkan. Jika saya bisa menganalisa kondisi lingkungan kerja, maka saya dapat memberikan antisipasi penanganan yang tepat.
Adapun strategi lingkungan fisik untuk pelanggan yaitu, saya memberikan fasilitas ruagan yang dingin, nyaman, bersih, tempat duduk pelanggan yang nyaman dan tepat untuk dipakai dalam usaha konter tersbut, karyawan yang ramah, toilet umum serta area parkir yang tidak membahayakan atau tidak sempit sehingga nyaman pelanggan dalam pelayanan kami, pencahayaan selalu on lampunya karena saya desain seperti masuk dalam studio musik sehingga nyaman sekali bila berkunjung, udara yang sejuk karena masih asri degan berbagai tanaman hijau disekitar layout saya, suara alunan musik yang selalu on dan mati disaat ada adzan sehingga tidak bosen pelanggan, menyediakan tempat khusus untuk konsultasi hp yang rusak. Adapun ruang penjualan produk pulsa maupun produk yang lain seperti: kartu paketan internet, asesoris dll sedangkan untuk reparasi hp ada tempat tersendiri dan tentunya layout saya tidak sempit dan endk enak dipandang rasanya namun saya memberikan fasilitas ruang yang luas dan tertata rapi. Agar pelanggan betah dan loyal akan perusahaan saya.
BAB 12
                                                MANAJEMEN KUALITAS JASA 
Usaha :Konter “GREEN CELL”
Menurut John Sviokla (Lupiyoadi, 2001), salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan dan kualitas perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. Keberhasilan perusahaan dalam memberikan layanan yang bermutu kepada para pelanggan, pencapaian pangsa pasar yang tinggi, serta peningkatan profit perusahaan tersebut sangat ditentukan oleh pendekatang yang digunakan. Konsekuensi atas pendekatan kualitas pelayanan suatu produk memiliki esensi penting bagi strategi perusahaan untuk mempertahankan diri dan mencapai kesuksesan dalam menghadapi persaingan. Manajemen kualitas jasa adalah salah satu faktor penting dalam mengatur usaha dan mencapai keunggulan bersaing, dengan kualitas dan Standarisasi perusahaan serta mengutamakan kepuasan konsumen. di dalam manajemen kualitas jasa, perlu diperhatikan juga bebrapa strtaegi produk jasa. Sumayang (2003) menjelaskan bahwa perusahaan harus menempatkan pelanggan paling utama, yaitu dengan cara memnuhi keinginan para pelanggan. Di samping itu, sistem yang dibangun haruslah seolah – olah dilakukan oleh pelanggan sendiri. maksudnya yaitu bahwa jasa untuk planggan bukan merupakan sesuatu yang diberikan sesudah suatu pelayanan saja tetapi termasuk juga pada sistem penyampaian jasa tersebut. Menurut Parasuraman (dalam Jafar, 2005), Zaethaml & Berry, 1990, dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, perusahaan perlu memperhatikan lima dimensi service quality sebagai berikut:
      1.      Tangiable (bentuk fasilitas fisik)
Tangibles: bukti fisik, yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat. Bentuk fisik yang mendukung sebuah konter berupa tempat/ruko, meja kaca, meja kayu, kursi, alat reparasi HP, dan perangkat komputer.
Agar pelanggan merasa puas, maka konter harus memberikan pelayanan sesuai dengan harapan konsumen.
Tempat
Ruko tempat konter didirikan terlihat menarik, baik dari warna maupun kebersihannya serta letak yang strategis, warna untuk konter adalah hijau karena brand konter sendiri adalah Green Cell atau ijo cell yangmana terinspirasi dari daerah pedesaan yang masih asri dengan banyak tanaman hijau sehingga produsen minat mengambil brand tersebut, warna hijau juga cenderung segar dan tidak mengantuk dan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen. sedangkan letaknya konter ini strategis menurut saya karena berada di pinggir jalan raya yang selalu ramai lalu lintasnya dan dekat dengan desa sehingga masyarakat desa bisa mudah aksesnya layanan konter saya.
Meja dan kursi
Untuk meja dan kursi, dipilih yang terlihat menarik bentuknya dan sekiranya memberikan kenyamanan. Seperti meja kaca maupun kayu yang tidak retak atau bergoyang ketika dipakai, kursinya tidak terlalu kecil dan sekiranya nyaman digunakannya serta tak lupa meja dan kursi selalu bersih.
Alat Reparasi HP
Solder, obeng dan yang sekiranya dibutuhkan untuk reparasi HP
Perangkat computer
Monitor layar tipis yaitu LCD BenQ 16’’
CPU
      2.      Reliability (Kehandalan)
Kemampuan memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Terdiri dari:
a.       Memberikan pelayanan sesuai janji, apa yang telah ditetapkan harus sesuai dengan kenyataan. Seperti halnya masalah kecepatan akses pengiriman pulsa, ini harus sesuai dengan apa yang dijanjikan, bila dikatakan aksesnya cepat dan mudah, maka dalam kenyataan juga dibuat demikian, dengan harapan konsumen bisa merasa puas.
b.      Pertanggungjawaban tentang penanganan konsumen akan masalah pelayanan, pihak konter akan menyediakan kontak suara konsumen, bila ada kritik dan saran maka mereka bisa meng-SMS ke nomor telepon yang telah disediakan.
c.       Memberi pelyanan yang baik saat kesan pertama kepada konsumen, saat bertatap muka dengan konsumen saat mengunjungkin konter, maka karyawan diwajibkan tersenyum dan menyapa pelanggan yang datang tersebut.
d.      Pelayanan tepat waktu, ketepatan pelayanan jasa yang tepat waktu/ on time sangat diinginkan oleh para konsumen. konter memberikan menyelesaikan semua pesanan tepat waktu, seperti perbaikan HP.
      3.      Responsiveness (tanggapan), terdiri dari:
Keinginan untuk membantu pengguna dan memberikan pelayanan dengan cepat serta mampu mengatasi masalah yang timbul secara profesional. Terdiri dari:
a.       Kerelaan untuk membantu/menolong konsumen. kerelaan ini diwjudkan dengan membantu konsumen, menanyakan apa yang bisa dibantu ketika konsumen mengalami kesulitan tanpa diminta sebelumnya.
b.      Siap dan tanggap untuk menangani respon permintaan dari para konsumen. pemilik atau pemimpin warnet telah mempersiapkan hal tersebut dengan membekali para karyawan dengan soft skill bagaimana memberikan respon yang positif terhadap setiap permintaan konsumen yang bermacam – macam.
      4.      Assurance (Jaminan)
Pengetahuan dan kemampuan serta keramahan dalam melaksanakan tugas dapat menjamin pelayanan yang baik, sehingga menimbulkan kepercayaan dan keyakinan pengguna Meliputi:
a.       Karyawan yang memberikan jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen, dalam hal pelayanan kepada konsumen, para karyawan harus berformance yang baik dan profesional, sehingga konsumen akan percaya sebelum menerima pelayanan.
b.      Membuat konsumen merasa aman dan bangga saat menggunakan jasa pelayanan yang diberikan
c.       Karyawan dibekali pengetahuan tentang pelayanan apa saja yang harus diberikan kepada konsumen
d.      Konsumen akan mendapatkan keringan embayaran apabila yang telah dijanjikan tidak sesuai dengan pelayanan yang mereka terima dengan persyaratan yenga telah ditentukan.
      5.      Emphaty (Empati)
Memberikan perhatian yang bersifat individual kepada pengguna dan berusaha untuk memahami keinginan dan kebutuhan pemakai. Meliputi:
a.       Memberikan perhatian individu kepada konsumen, bentuknya seperti telah dikatakan sebelumnya, karyawan harus cepat dan tanggap dalam membantu konsumen yang mengalami kesulitan tanpa diminta sebelumnya.
b.      Karyawan yang mengerti keinginan dari konsumennya. Keinginan dan harapan konsumen akan menentukan kepuasan nantinya. Para karyawan atau tenaga ahli harus mampu memahami setiap keinginan konsumennya. Baik itu keinginan yang menyangkut hal kecepatan pengiriman maupun pelayanan jasa pendukung yang lainnya.
                                                                  BAB 13
E- MARKETING
Usaha :Konter “GREEN CELL”
Jasa internet markething atau jasa online marketing adaah suatu usaha yang saya lakukan untuk mempromosikan dan memasarkan produk baik barang atau jasa dari bisnis Anda melalui media online di Internet. Usaha mempromosikan dan memasarkan produk tersebut berkaitan dengan hal-hal pembuatan iklan, pencarian prospek calon pembeli atau pengguna jasa, dan penulisan kalimat – kalimat pemasaran memanfaatkan media online di internet seoerti melalui website atau blog, sales letter, memasang iklan baris dan benar di website periklanan, promo di forum – forum dan mailing list, email advertising, promo di layanan online chat, promo di facebook dan twitter, ads campaign, dan search engine optimatization (SEO).
Jasa internet marketing bertujuan membantu mempromosikan dan memasarkan produk baik barang atau jasa mellui media online di internet. Sebagimana kita ketahui bersama bahwa pengguna internet di Indonesia bahkan di seluruh dunia terus meningkat jumlahnya dari tahun ketahun dengan begitu perdagangan diatas teknologi internet atau E-Commerce (Electronic Commerce) memberikan peluang besar yang sangat besar. Menjual produk atau jasa secara online akan mendatangkan laba yang lebih besar dibandingkan mnjual produk menggunakan cara lama seperti melalui telepon, fax ataupun langsung datang ke lokasi penjualan.
Green Cell merupakan perusahaan dibidang jasa penjualan pulsa, pelayanan reparasi HP, dan menjual produk pendukung lainnya untuk HP serta menjual HP. Saya menggunakan strategi marketing dengan media berita, situs yang mencakup blog perusahaan adalah sebuah ruang berita media, dan penting untuk diperhatikan bahwa informasi tersebut dapat diakses melalui jarigan media sosial. Hal yang dinilai efektif, karena jika informasi perusahaan juga melalui media sosial maka dapat diketahui oleh masyarakat luas secara lebih cepat sehingga lebih efektif.  Green Cell merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa penjualan pulsa, reparasi HP dan penjualan HP bekas maupun baru serta accessories HP dalam melakukan kegiatannya penjualannya Green Cell masih nggunakan media penyampaian informasi yang sederhana yaitu dengan penyebaran brosur dan dari mulut ke mulut serta menanti bola dari pembeli untuk mengunjungi Green Cell sehingga penjualan layanan dan produk masih belum maksimal. Dengan masalah yang dihadapi oleh Green Cell, dibutuhkan adanya informasi berbasis web, guna memaksimalkan informasi untuk meningkatkan penjualan. Agar konsumen dapat mengakses informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian Grenn Cell dapat memperluas jangkauan penjualan tanpa harus menghabisnkan banyak waktu dan biaya.
Demikian pembelajaran mengenai pemasaran jasa pada konter Green Cell, Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua Aminn. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

USAHA JASA KONTER GREEN CELL

BAB 1 PEMASARAN JASA PADA USAHA JASA KONTER GREEN CELL  Latar Belakang Usaha Latar belakang usaha saya ini adalah zaman sekarang...